Akhlak Terpuji Kepada Allah (Khauf)

1. Pengertian Khauf

    Khauf berasal dari bahasa Arab خَافَ - يَخَافُ - خَوْفًا yang artinya takut. Sedangkan Khauf menurut istilah adalah takut kalau tidak mematuhi segala perintah Allah dan takut kalau melakukan segala laranganNya.

    Allah bukanlah Dzat yang harus ditakuti (dalam arti dijauhi), tetapi patuh terhadap segala perintah dan meninggalkan segala larangan-Nya. Takut kepada Allah tidak seperti takut kepada manusia atau binatang yang berbahaya, yang harus dijauhi atau dihindari, akan tetapi sebaliknya. Berusaha untuk dekat kepada-Nya dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangann-Nya

2. Dalil Naqli Khauf
    Allah menganjurkan agar selalu merasa takut (khauf) dan menjadikannya sebagai salah satu syarat iman. Allah swt berfirman,
إِنَّمَا ذَلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
‘’tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman’’(Ali-Imran:175
3. Ciri-ciri Sifat Khauf 
   Merasa takut apabila tidak mengerjakan perintah Allah atau melalaikannya dan merasa takut apabila melakukan atau mengusahakan laarangan-larangan Allah. Selalu berhati-hati sebelum berbuat sesuatu dan selalu berfikir serta mengevaluasi seteleha mngerjakan sesuatu.
   Ketakutan itu karena kekuasaan Allah yang menciptakannya, yang memberi rizky=i dan yang memberi kehidupan. Juga karena balasan atau adzab Allah apabila melakukan larangan atau menunggalkan perintah Allah. semakin banyak manusia merenungi dan mengetahui rahasia-rahasia Allah, maka akan sekmakin tebal rasa takutnya kepada Allah.
Baca juga artikel tentang Akhlak Terpuji Kepada Allah (Ikhlas)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Akhlak Terpuji Kepada Allah (Khauf)"

Posting Komentar