Tujuan Akhlak dalam Agama Islam


Tujuan akhlak dalam agama Islam adalah:

1. Mendapatkan Ridlo Allah SWT.
    Karena jika ridlo Allah sudah tertanam pada diri muslim dan sudah menjadi hiasan indahn dalam kehidupan, maka semua perbuatan dilakukan dengan ikhlas. Seorang muslim mencari nafkah bukan semata-mata untuk mengisi perut, menuntut ilmu bukan sekedar untuk menjadi pandai, menolong orang bukan semata-mata karena seseorang perlu pertolongan, akan tetapi semua itu dilakukan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT, Ridlo Allah merupakan kunci kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

2. Membentuk Pribadi muslim yang luhur dan mulia.
    Seorang muslim yang berakhlak mulia senantiasa bertingkah laku yang terpuji, baik ketika berhubungan dengan Allah, sesama manusia, makhluk lainnya, serta dengan alam lingkungan. Oleh karena itu, perwujudan dari pribadi muslim yang luhur berupa tindakan nyaa menjadi tujuan dalam akhlak.

3. Terwujudnya perbuatan yang mulia.
    Dengan akhlak mahmudah, akan lahir perbuatan-perbuatan yang mulia yang seimbang antara kepentingan duniawi dan ukhrawi, lahir maupun batin, jasmani maupun rohani. Manusia menyadari apa dan bagaimana yang sebaiknya ia lakukan.

4. Terhindar dari perbuatan yang hina dan tercela.
    Dengan bimbingan khlak mahmudah, manusia akan terhindar dari perbuatan yang hina dan tercela. Tanpa akhlak mahmudah, orang mudah melakukan perbuatan yang hina dan tercela, karena perbuatan didukung oleh setan. Oleh sebab itu, perbuatan terlarang, baik berupa pencurian, korupsi, pembunuhan, dan sebagainya tidak dilakukan oleh orang yang bodoh saja akan tetapi dilakukan oleh orang yang pandai tapi tidak mendapat bimbingan dari akhlak mahmudah.

Baca juga artikel tentang Tayammum


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tujuan Akhlak dalam Agama Islam"

Posting Komentar