Kata(Kalimah) Isim dan Tanda-Tandanya

     

    Kata (Kalimah) Isim adalah kata(Kalimah) yang menunjukkan arti benda, hewan, orang, tumbuhan, dan lain-lain. Kata(kalimah) Isim di bagi menjadi 2, yaitu Isim Dhohir dan Isim Dlomir.

    1. Isim Dhohir adalah Kata(kalimat) yang menunjukkan nama seseorang, benda, tumbuhan, dan lain-lain. Di dunia ini ada banyak sekali Isim Dhohir. Pada intinya, Isim Dhohir adalah kata selain kata kerja dan kata ganti. Contoh:

تِلْمِيْذٌ         : Murid
بُسْتَانٌ       : Kebun
شَجَرَةٌ       : Pohon
قَلَمٌ            : Pena
لِبَاسٌ         : Pakaian.

Adapun tanda-tanda kalimat isim ditinjau dari segi lafadnya ada empat, yaitu :
  • Berakhiran kasrah (khofad)

Tanda yang pertama adalah kalimat tersebut berakhiran kasrah. Sebuah kalimat bahasa arab dengan berakhiran kasrah bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah karena statusnya sebagai mudlof ilah atau bisa juga terdapat huruf jar pada awal kalimatnya. Contoh : مِنَ المَدْرسَةِ kata “madrasati” menjadi kalimat isim karena akhirannya kasrah.
  • Terdapat tanwin.

Tanda kalimat isim yang kedua adalah terdapat tanwin pada kalimat tersebut. Contoh جَاءَ رَجُلٌ kara “rajulun” termasuk kalimat isim karena terdapat tanwin pada kalimat tersebut yaitu tanwin domah.
  • Terdapat alif lam pada awal kalimatnya.

Tanda kalimat isim yang ketiga adalah terdapat alif lam pada awal kalimatnya. Contoh مِنَ المَدْرسَةِ kata “al-marasati” termasuk kalimat isim karena terdapat alif lam.
  • Terdapat huruf jar atau huruf qosam.

     Yang termasuk tanda-tanda kalimat isim yang terakhir adalah terdapat huruf jar atau juga huruf qosam pada awal kalimatnya. Contohnya عَلَى السَيَّارَةِ kata “as-sayyaroti” termasuk kalimat isim karena pada awal kalimatnya terdapat huruf jar yaitu huruf على.

     Ada banyak contoh kalimat isim misalnya dalam al-quran dengan tanda-tanda yang sangat beragam, anda bisa belajar sendiri mencari kalimat isim dalam al-quran tersebut, caranya cocokanlah tanda-tanda kalimat isim yang sudah saya sebutkan di atas dengan kalimat yang anda temukan dalam al-Quran.

     Perlu diketahui, dalam satu kalimat tidak munkin terdapat tanda kalimat isim tanwin dan alif lam karena tanwin adalah tanda nakirah (kata umum) sedangkan alif lam adalah tanda ma’rifat (kata khusus).

    2. Isim Dlomir adalah Kata(kalimat) yang menunjukkan kata ganti seseorang. Dalam bab ini saya akan memberikan beberapa contoh tentang Isim Dlomir.
هُوَ                 Dia (lk)
هُمَا                Dia (lk/Pr) dua
هُمْ                 Mereka (Lk)
هِيَ                Dia (pr)
هُنَّ                Mereka (Pr)
أَنْتَ               Kamu (lk)
أَنْتِ               Kamu (pr)
أَنْتُمَا               Kamu (Lk/Pr) dua
أَنْتُمْ                Kamu (Lk) banyak
أَنْتُنَّ               Kamu (Pr) banyak
أَنَا                 Saya

نَحْنُ              Kita

Baca juga artikel tentang Bilangan Jam dalam Bahasa Arab


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kata(Kalimah) Isim dan Tanda-Tandanya"

Posting Komentar