Jamiyyah Lailatussabtunan yang Masih Eksis Sejak Abad Ke-19.


Oraganisasi-Jamiyyah (Bahasa Arab: جمعيّة) adalah perkumpulan beberapa orang. Dalam dunia Islam kata Jamiyyah dimaknai perkumpulan orang-orang yang sedang menjalani serangkaian ibadah, misalnya Jamiyyah Islamiyyah, Jamiyyah Maulidurrasul, dan lain-lain. Adapun arti Jamiyyah secara luas yaitu perkumpulan orang yang mempunyai tujuan sama dan bersama-sama dalam menggapai ridlo Ilahi.

Di Desa Singocandi terdapat beberapa Jamiyyah yang sampai sekarang masih berdiri kokoh seiring tergerusnya perkembangan zaman yang semakin modern ini. Salah satunya yaitu jamiyyah Lalitussabtunan yang berada di dukuh Sigulang dan Tritis.

Jamiyyah Lailatussabtunan dilihat secara bahasa yaitu jamiyyah pada malam sabtu. Memang benar Jamiyyah ini diselenggarakan setiap malam sabtu setelah habis shalat isay’. Jamiyyah ini sudah berdiri sejak abad 19 setelah Masehi. Jamiyyah ini adalah wadah berkumpulnya warga di dukuh Sigulang dan Tritis dengan satu tujuan yaitu ngaji.  Disamping para anggota belajr ilmu agama, para anggota juga dituntut untuk pandai dalam berorganisasi. Karena kita hidup di dunia ini tidak sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, Jamiyyah Lailtussabtunan menyiapkan kader-kader yang mempunyai ilmu agama yang mumpuni , berakhlakul karimah, dan juga trampil dalam berorganisasi dalam masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, Jamiyyah ini mempunyai perkembangan dari masa ke masa. Karena perkembangan dalam kebaikan itu perlu dilakukan untuk menambah syiar agama yang ada di dukuh Sigilang dan Tritis umumnya di desa Singocandi. Adapun perkembangan yang seginifikan yaitu adanya Jamiyyah rebana Az Zaki yang bernuansa rebana religi. Adanya Jamiyyah Az Zaki ini semata-mata untuk mensyiarkan agama Islam dan tidak lain untuk menambah semangat para anggota untuk selalu menghidupkan Jamiyyah Lailatussabtunan.



Tujuan utama dengan adanya beberapa jamiyyah bukan untuk persaingan dalam hal materi, tapi tujuan utama dengan adanya beberapa jamiyyah ini yaitu untuk mensyiarkan agam Islam. Semoga dengan adanya beberapa Jamiyyah di desa Singoandi, desa Singocandi menjadi desa yang aman, tentram dan sejahtera dan semoga menjadi dasa yang mendapat ridlo Allah SWT. Aamiin Allhumma aamiin.

Demikian lah seklumit artikel tentang Jamiyyah Lailatussabtunan yang ada di dukuh Sigulang dan Tritis, semoga menjadi motivasi bagi para pembaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jamiyyah Lailatussabtunan yang Masih Eksis Sejak Abad Ke-19."

Posting Komentar