Iman, Islam, dan Ihsan

1. Iman
Iman dari segi bahasa, berasal dari bahasa Arab, yaitu امَنَ-يُؤْمِنُ-إِيْمَانًا yang artinya percaya atau meyakini. Adapun Iman menurut istilah yaitu

الإيْماَنُ هو تَصْديقُ القَلبِ وإقْرارٌ باللساَن وَعَمَلٌ بالأرْكاَنِ

Artinya:
Iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengerjakan dengan anggota badan (beramal)

Adapun tingkatan iman dibagi menjadi 3, yaitu:
a. Tingkatan mengenal. Pada tingkatan pertama ini seseorang baru mengenal sesuatu yang diimani.
b. Tingkatan kesadaran. Pada tingkat kedua ini iman seseorang sudah lebih tinggi, karena sesuatu yang diimani didasari oleh alasan-alasan tertentu.
c. Tingkatan Haqqul Yaqin. Tingkatan ini adalah tingkatan yang paling tinggi. Seseorang mengimani sesuatu tidak hanya mengetahui dengan alasan-alasan tertentu, tetapi dibarengi dengan ketaatan dan berserah diri kepada Allah.

2. Islam

    Kata Islam berasal dari bahasa Arab أَسْلَمَ-يُسْلِمُ-إسْلاَمًا yang artinya selamat, patuh, tunduk, atau menyerahkan diri. Sedangkan menurut istilah aadalah agama yang mengajarkan agar manusia berserah diri dan tunduk sepenuhnya kepada Allah SWT. Adapun yang dimaksud tunduk atau berserah diri adalah mengerjakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT (Taqwa)

3. Ihsan

    Kata Ihsan berasal dari bahasa Arab. اَحْسَنَ-يُحْسِنُ-إحْسَانًا artinya berbuat baik. Sedangkan Ihsan menurut istilah adalah berbakti dan mengabdikan diri kepada Allah dengan didasari atau dilandasi kesadaran an keikhlasan.
   Berbakti kepada Allah yakni berbuat sesuatu yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri, sesama manusia, maupun untuk makhluk lainnya. Semua perbuatan itu semata-mata karena Allah, seolah-olah orang yang melakukan perbuatan tersebut sedang berhadapan langsung dengan Allah.
Adapun Ihsan dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

  1. Ihsan terhadap Allah
  2. Ihsan terhadap diri sendiri.
  3. Ihsan terhadap manusia.
  4. Ihsan terhadap makhluk lain (alam lingkungan).

Baca juga tentang Akhlak


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Iman, Islam, dan Ihsan"

Posting Komentar