Ibadah Umroh Sebagai Wisata Religi Sarana Penghapus Dosa

       

        Umrah (bahasa Arab: عمرة) adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

          Pada istilah teknis syari'ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.(Wikipedia Bahasa)

     Perbedaan umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah. Pelaksanaan umrah ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. 

       Ibadah Umroh termasuk ibadah yang diwajibkan oleh Allah Ta’ala kepada setiap muslim dengan kriteria tertentu, atau syarat-syarat wajibnya menunaikan ibadah Umroh. Mengenai hukum umrah, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunnah mu`akkad (sunah yang dipentingkan). Umrah diwajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja, tetapi banyak melakukan umrah juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya `Umrah di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali`. 
        Dalam fenomena akhir-akhir ini, banyak sekali dari kaum muslimin menjalankan ibadah umroh. Mungkin kita sebut ibadah umroh pada zaman sekarang ini sedang "hits". Itu semua dikarenakan banyaknya kaum muslimin yang sudah mampu untuk memenuhi syarat-syaratnya dan waktu keberangkatannya bisa ditentukan oleh para calon umroh tersebut. Berbeda dengan ibadah haji yang pada zaman sekarang ini harus menunggu belasan tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci Makkah.
    Jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, ibadah umroh saat ini bukan lagi ibadah yang bisa mendekatkan diri kepada Allah, melainkan ibadah umroh saat ini menjadi syarat untuk menambah derajat seseorang di hadapan orang lain. Itu semua dikarenakan dari "oknum-oknum" yang tidak bisa memahami apa sebenarnya ibadah umroh. Dan mungkin saja oknum tersebut hanya memahami sebagian dari arti sebenarnya ibadah umroh.

        Disamping ibadah umroh sebagai cara untuk menambah derajat dihadapan manusia, ibadah umroh juga menjadi sarana untuk menghapus dosa. Sebab Sabda Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Salam, (yang artinya):  “Umroh ke umroh lainnya adalah penghapus dosa-dosa diantara keduanya dan Haji yang mabrur tidak mempunyai balasan kecuali surga.” (Hadits riwayat Al-Bukhari). Bagi oknum-oknum yang tidak bisa memahami arti sebenarnya tentang ibadah umroh, pastilah mereka beranggapan bahwa ketika dia umroh maka dosa-dosa yang dia lakukan pasti akan dihapus oleh Allah. Sehingga yang paling parah lagi ketika dia mampu untuk berangkat, berangkat, dan berangkat umroh lagi, oknum-oknum tersebut merasa merekalah sejatinya orang-orang suci dan meremehkan orang lain. Karena pada kesempatan kapan pun mereka bisa berangkat menunaikan ibadah umrah.
     Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya ibadah harus kita tingkatkan. Jangan sampai kita terkecoh dengan segala keadaan yang kita miliki. Krena Dzat yang Maha mengetahui tidak akan tinggal diam jika suatu ibadah menjadi sarana untuk menambah derajat dihadapan manusia bukan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT.
Terima Kasih atas kunjungannya. Semoga dengan adanya artikel ini kita semua dapat memahami arti sebenarnya tentang ibadah, dan semoga para pembaca mendapatkan manfaat dari seklumit artikel ini. Jangan lupa share dan comment ya.... Karena kritik dan saran dari para pembaca sangat kami harapkan.
Baca juga artikel tentang The Primacy of The Night Friday in Islam

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ibadah Umroh Sebagai Wisata Religi Sarana Penghapus Dosa"

Posting Komentar