Hubungan Dan Perbedaan Antara Iman, Islam, dan Ihsan

 

      Hubungan antara Iman, Islam, dan Ihsan bagaikan segitiga sama sisi. Hubungan antara sisi yang satu dengan sisi yang lainnya sangat erat. Jadi, orang yang bertakwa ibarat segitiga sma sisi yang setiap sisi-sisinya terdiri dari Iman, Islam, dan Ihsan. Segitiga tersebut tidak akan bisa terbentuk jika ketiga sisi tidak saling mengkait.
     Di samping adanya hubungan antara Iman, Islam, dan Ihsan juga terdapat perbedaan antara ketiganya sekaligus merupakan ciri masing-masing. Iman lebih menekankan pada segi keyakinan di dalam hati karena keyakinan terdapat dalam hati. Islam merupakan sikap untuk berbuat atau beramal. Sedang Ihsan merupakan pernnyataan dalam bentuk tindakan nyata. Ihsan merupakan ukuran tipis atau tebalnya Iman dan Islam seseorang.

Rukun Iman ada 6:

1) Iman Kepada Allah, yakni meyakini bahwa tiada Tuhan yang Haq disembah kecuali Allah swt.

2) Iman Kepada para Malaikat-malaikat Allah, yakni meyakini bahwa Allah mempunyai malaikat yang mempunyai tugas masing-masing. Dan yang wajib diketahui seorang muslim ada 10, yaitu: Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malaikat Raqib, Malaikat Atid, Malaikat Munkar, Malaikat Nakir, Malaikat Malik, Malaikat Ridlwan.

3) Iman Kepaada Kitab-kitab Allah, yakni meyakini bahwa Alah menurunkan kitab-kitabnya kepada para Rasulnya. Adapun kitab-kitab Allah yang wajib diketahui ada 4. yakni Kitab Taurat (Nabi Musa), Kitab Zabur (Nabi Dawud), Kitab Injil (Nabi Isa), Kitab Al-Qur'an (Nabi Muhammad saw),

4) Iman Kepada Rasul Allah, yakni meyakini bahwa Allah telahmemilih diantara manusia yang beriman untuk dijadikan rasul. Rasul ini bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah. rasul yang wajib diketahui oleh seorang muslim ada 25.

5) Iman kepada Hari Kiamat, yakni meyakini bahwa Hari Akhir yang dijanjikan oleh Allah pasti akan terjadi. Entah kapan datangnya yang pasti hanya Allah yang Maha mengetahui segala sesuatu.

6)Iman Kepada Qada' dan Qadar, yakni meyakini segal sesuatu yang dijalani manusia sudah ditentukan Allah swt dan telah ditetapkan sejak dahulu kala sebelum zaman Azali.

Baca juga artikel tntang Iman, Islam dan Ihsan




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Hubungan Dan Perbedaan Antara Iman, Islam, dan Ihsan"