Haul Syeh Abdul Qodir Jailani


      Sebagai orang Islam atau muslim kita ketahui beberapa peristiwa penting daalam Islam atau kita sebut dengan Perinagatan Hari Besar Islam (PHBI) yaitu Hari Raya IDul Fitri, Hari Raya Idul Adlha, Hari Isra' Mi'raj dan lain-laian. Sebagai orang muslim, memperingati hari tersebut termasuk kegiatan yang perlu dilestariakan. Karena dalam Islam, memperingati hari tersebut termasuk melestarikan kebudayaan Islam dan mengagungkan mukjizat Allah yang diberikan kepada orang yang terpilih.

      Selain hari-hari yang telah saya sebutkan di atas ada hari besar Islam yang tidak kalah penting yaitu hari Lahirnya Syeh Abdul Qodir Jailani. Kita tahu bahwasannya Syeh Abdul Qodir Jailani adalah orang yang penting dalam perkembangan Islam. Beliau adalah seorang ulama besar sehingga suatu kewajaran jika sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjungnya dan mencintainya. Sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a mereka. Karena tawasul adalah salah satu Sunnah nabi SAW sebagaimana Nabi Adam bertawasul dengan Nabi Muhammad.

    Beliau berdakwah lebih dari 25 tahun seorang diri, meninggalkan kampung halaman, berjalan dari kampung ke kampung, melintasi hutan, gurun pasir, sungai, menjumpai umat mendakwahkan kalimat Tauhid. Dalam perjalanan dakwah belaiu inilah banyak karamah-karamah (kemulian yang luar biasa) yang diceritakan dalam kitab manaqib yang ditulis oleh murid murid beliau yang terpercaya.
Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun Madrasah kecil di sebuah daerah yang bernama Babul Azaj dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Syaikh Abdul Qadir (setelah beliau kembali dari dakwah selama 25 tahun tsb). Beliau mengelola Madrasah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil memeberikan nasehat kepada orang-orang yang ada di sana, sampai beliau meninggal dunia di daerah tersebut.
     Melihat karamah bilau yang begitu besar maka tiada salahnya kita mengenang beliau dengan menghauli beliau. dengan begitu kita sebagai muslim termasuk muslim yang mengharap barokah dari beliau karena beliau bukan orang biasa dalam perkembangan Islam.
     Di setiap tanggal 11 Robi'ul Akhir para kaum muslimin memperingati Haul beliau. Termasuk warga di desa singocandi khususnya dukuh sigulang dan tritis. Mereka mengadakan Haul Syeh Abdul Qodir Jailani di Musholla Maanba'ul Hikmah dengan hidmat dan khusyu'. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap setahun sekali. Yaitu ketika tanggal 11 Rabi'ul Akhir. dalam kegiatan ini, semua elemen masyarakat terlibat dalam acara ini. termasuk para remaja. karena mereka berharap ridlo Allah dan mengharap barokah dari beliu Syeh Abdul Qodir Jailani.

Baca juga artikel tentang Macam-macam kenakalan siswa di sekolah


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Haul Syeh Abdul Qodir Jailani"

Posting Komentar