Bakat Kesenian yang Ada di Sigulang dan Tritis

 
    Kesenian-Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu. Kesenian menurut bererapa ahli ada beberapa definisi. 

     Menurut Alexander Baum Garton Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. Dan menurut Aristoteles Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.Wikipedia Bahasa 

   Bicara tentang kesenian, di dunia ini banyak sekali kesenian yang ada. Misalnya Seni Tari, Seni Musik, dan lain-lain. Adapun dalam Islam ada kesenian tersendiri yang bisa mendekatkan diri kepada sang Khaliqnya yaitu Allah. Dalam ada beberapa kesenian yang sudah sering kita lihat yaitu antara lain; Kesenian Rebana, Kesenian Tari Sufi, Marawis, dan lain-lain.

    Dukuh Sigulang dan Tritis adalah dukuh kecil yang tidak banyak orang tau apa yang ada di sana. Tapi, dengan adanya artikel ini saya akan mengangkat dukuh sigulang dan tritis dengan skill mereka dalam kesenian rebana. Di dukuh ini mereka mengasah kemampuan mereka di bidang kesenian rebana di musholla Manba'ul Hikmah setiap hari kamis malam setelah jama'ah isya'.

    Seperti jamiyyah rebana yang sebagaimana mestinya, jamiyyah rebana yang ada di dukuh sigulang dan trtis ini mempunyai nam yaitu Az Zaki. Bukan tanpa alasan mereka memberi sebuah nama. Krena nama adalah suatu doa bagi mereka. Az Zaki diambil dari bahasa Arab yang berarti suci. Mereka berharap dengan nama tersebut jamiyyah yang merekan dirikan menjadi jamiyyah rebana yang suci dan selalu mendapat ridlo Allah SWT.



   Jamiyyah rebana Az Zaki ini tidak berdiri diri sendiri melainkan didukung secara moril dan materil oleh jamiyyah lailatussabtunan, yaitu jamiyyah para remaja dan bapak-bapak yang ada di dukuh tersebut. Tanpa adanya mereka perkembangan jamiyyah rebana belum tentu sampai seperti saat ini.
    Demikian lah penjabaran saya tentang Bakat kesenian yang Ada di Sigulang dan Tritis. Semoga para pembaca mendapat manfaat dari seklumit artikel ini. Dan jangan lupa share dan commentnya. .

Baca juga artikel tentang Orang Tua Kita Harus Bahagia


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bakat Kesenian yang Ada di Sigulang dan Tritis"

Posting Komentar