Aqidah Islam


A. Pengertian
     Menurut bahasa, kata Aqidah derasal dari bahasa Arab, yaitu عَقِدًا yang artinya adalah mengikat atau mengadakan perjanjian. Adapun mnurut idtilah, aqidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang meyakininya.

    Berdasarkan pengertian aqidah di atas, maka yang dimaksud Aqidah Islam adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap muslim, berdasarkan dalil Aqli dan dalil Naqli. Dalil Aqli adalah dalali atau bukti-bukti atau alasan tentang sesuatu itu benar atau salah yang didasarkan atas pertimbangan akal sehat manusia. Adapun dalil Naqli adalah bukti-bukti atau alasan-alasan tentang kebenaran atau ketidakbenaran seseuatu berdasarkan Al-qur'an dan Hadist.

B. Dasar-dasar Aqidah Islam

     Sebenarnya dasar-dasar Aqidah Islam tidak lain adalah dasar dari ajaran Islam itu sendiri, yaitu Al-qur'an dan Hadist. Aqidah Islam disusun atas dasar dalil-dalil dari Al-qur'an dan Hadist. Di dalam Al-qur'an banyak disebut pokok-pokok aqidah seperti: nama-nama dan sifat-sifat Allah, tentang malaikat, kitab-kitab Allah, surga, neraka, dan lain-lain.

C. Tujuan Aqidah Islam

    Adapun dari tujuan dari aqidah Islam antara lain yaitu:
1. Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir.
2. Memelihara manusia agar terhindar dari kemusyrikan.
3. Menghindarkan diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan.

Baca juga tentang Tayammum


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aqidah Islam"

Posting Komentar