Persatuan dan Kesatuan dalam Menggapai Keberhasilan

Persatuan berarti perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan Kesatuan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Sehingga kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan.

Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”

Dua kata ini Persatuan dan Kesatuan merupakan padanan yang sangat tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada dalam bermain rebana. Dalam bermusik menggunakan rebana tidak hanya menggunakan satu alat musik tapi menggunakan gabungan beberapa alat musik yang mempunyai perbedaan suara, yaitu antara Rebana, Jidur, Dumbuk, Genjor, dll. Oleh karena itu persatuan dan kesatuan dalam memainkan alat musik sangatlah penting dan yang paling utama. Tanpa persatuan dan kesatuan, mustahil tercipta suatu instrumen musik yang sedap didengar 

Di Indonesia, alat musik rebana berkembang menjadi banyak jenis. Biasanya merupakan ciri khas dari kultur budaya daerah tertentu. Jenis alat rebana yang paling umum diantaranya, Rebana Banjar, Rebana Biang, Jidor, Kompang, Marawis, Samroh, Hadroh dan lainnya…

Sebagai contoh, masyarakat di pesisir utara pulau Jawa menyebut Rebana adalah Terbang Banjari.
 Mereka tidak mengenal Kompang ataupun Biang...Begitu pula masyarakat di wilayah Sunda. Di sana jarang sekali orang yang mengenal Samroh maupun Hadroh...Jadi pengertian alat musik Rebana di setiap daerah bisa saja berbeda bergantung dari kebudayaan asal masing-masing.

Dalam era globaliasasi sekarang ini masih banyak kita temui beberapa Jamiyyah atau Group Rebana yang menghiasi beberapa sudut kota. Tidak terkecuali Kota Kudus yang notabenya adalah Kota Santri. Pada salah Satu Desa di Kudus yaitu Desa Singocandi tepatnya dukuh Sigulang dan Tritis terdapat suatu Jamiyyah rebana Az-Zaki yang masih eksis dalam era sekarang ini. mereka terdiri dari beberapa golongan. dari mulai Mahasiswa, Siswa Pelajar sampai Pegawai Swasta. Mereka selalu menjalin komunikasi antar sesama sehingga terciptanya Persatuan dan kesatuan. Karena hanya dengan Persatuan dan Kesatuan lah akan tercipta suatu keharmonisan dalam berhubungan sehingga ketika mereka pentas dalam musik rebana akan tercipta suatu instrumen Musik yang sedap didengar.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persatuan dan Kesatuan dalam Menggapai Keberhasilan"

Posting Komentar