Pentingnya Strategi Dalam Pembelajaran. Agar Tidak Bingung dalam menyampaikan Pelajaran.

Strategi Pembelajaran-Istilah strategi pada awalnya digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Sekarang, istilah strategi banyak digunakan dalam berbagai bidang kegiatan yang bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Misalnya seorang manajer atau pemimpin perusahaan yang menginginkan keuntungan dan kesuksesan yang besar akan menerapkan suatu strategi dalam mencapai tujuannya, seorang  pelatih tim basket akan menemukan strategi yang dianggap tepat untuk dapat memenangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru yang menginginkan hasil yang baik dalam proses pembelajaran akan menerapkan suatu strategi agar belajar siswanya mendapat prestasi yang terbaik.

Istilah strategi(strategy) berasal dari “kata kerja” dan “kata benda” dalam bahasa Yunani. Sebagai kata benda, Strategos merupakan gabungan kata stratos (militer) dengan “ago” (memimpin). Sebagai kata kerja, stratego berarti merencanakan (to plan). Dalam kamus The American Herritage Dictionary (1976: 1273) dikemukakan bahwa Strategi is science or art or ‘millitary command is applied to overall palnningand connduct of large-scale combat operations. Selanjutnya dikemukakan pula bahwa strategi adalah The art or skill of using stratagems (a military manuvre design deceive or surprise an enemy) in politics, business, courtship, or the like.

Semakin luasnya penerapan strategi, Mintzberg dan Waters (1983) mengemukakan bahwa strategi adalah pola umum tentang keputusan atau tindakan (strategies are realized as patterns in stream of decisions or actions). Hardy, Langley, dan Rose dalam Sudjana (1986) mengemukakan strategy is perceived as a palan or a set of explisit intention preceeding and controling actions (strategi dipahami sebagai rencana atau kehendak yang mendahului dan mengendalikan kegiatan).

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, dapat dikemukakan bahwa strategi adalah suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan. Strategi mencakup tujuan kegiatan, siapa yang terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, sarana penunjang kegiatan.


Sumber: Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Strategi Dalam Pembelajaran. Agar Tidak Bingung dalam menyampaikan Pelajaran."

Posting Komentar