Kenali Bahaya MSG Pada Anak Anak

MSG Bakso

Kesehatan - Mungkin tanpa sadar anak anak kita setiap hari jajan yang banyak mengandung MSG atau penyedap rasa secara berlebihan, karena baik di rumah dan sekolah mereka selalu disuguhi jajanan seperti ini, efeknya mereka jadi sulit untuk makanan nasi dirumah.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang zat ini mari kita kenalan dulu apa itu MSG,  MSG adalah garam dari L-asam glutamat (GLU) yang merupakan asam amino pembentuk protein yang sangat penting bagi makhluk hidup. Senyawa ini banyak terdapat secara alami di hampir seluruh tubuh makhluk hidup dan makanan seperti keju, susu, daging, serta beberapa sayuran.

Tubuh manusia dan binatang memproduksi sendiri senyawa glutamat untuk kepentingan metabolisme, fungsi otak, dan sebagai sumber tenaga. tapi tidak harus berlebihan karena ada efek jangka pendek dan jangka panjangnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengkonsumsi MSG terlalu banyak dan sering bisa membuat kita merasa ketagihan. Rentang waktu satu atau dua hari, kita sudah ingin lagi memakan makanan yang mengandung MSG.

Nah ternyata zat ini banyak sekali di sekitar kita salah satu makanan favorit keluarga adalah Bakso yang memang banyak mengandung zat ini , rasa lezatnya pada kuah maupun glondong baksonya mengindikasikan kalau mengandung cukup banyak MSG.

Apakah MSG berbahaya?
Mungkin apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat efek negatif termasuk zat ini, Yang paling merisaukan adalah pada otak. Mengenai hal itu seorang profesor di Northwestern University Medical School, George E. Shambaugh, Jr., MD menyebutkan, “ketika sel-sel neuron di otak menerima senyawa ini (MSG-red.), mereka menjadi sangat bergairah dan meningkatkan impulsnya sampai pada tingkat kelelahan yang sangat tinggi. Tapi, beberapa jam kemudian neuron-neuron tersebut mati seakan-akan mereka bergairah untuk mati” nah jika sudah begini maka dikhawatirkan anak anak menjadi lambat dalam berpikir sehingga kecerdasannya menjadi terganggu.

Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi zat ini juga berbahaya bagi ibu hamil karena akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya terutama disaat masa emas perkembangan otaknya.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenali Bahaya MSG Pada Anak Anak"

Posting Komentar