Apakah Anda Susah Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya


Kesehatan-Bagi sebagian masyarakat mungkin terdengar aneh jika ada orang susah tidur pada malam hari. Karena kebanyakan orang malah justru melawan kantuk di malam hari karena harus melakukan hal yang penting. 


Susah tidur malam hari atau biasa disebut dengan insomnia memang salah satu bentuk kelainan pola tidur yang bisa saja disebabkan oleh banyak hal, fisik maupun pskikologis. Pada taraf wajar hal ini masih bisa ditoleransi. Akan tetapi jika setiap malam selalu mengalami gangguan tidur maka ada baiknya segera melakukan konsultasi pada dokter. Karena jika ini berkelanjutan maka akan mengakibatkan buruk pada kesehatan.


Adapun penyebab susah tidur pada malam hari antara lain:


  • Makan larut malam
Makan larut malam dapat memicu GERD (Gastro Esophageal Reflux Disorder), dimana keadaan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang dapat menyebabkan refluks asam dan mulas. Hal ini dapat membuat tidur Anda tidak nyenyak. Jika Anda ingin makan pada malah hari, alangkah baiknya memilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks misalnya sereal, roti gandum dengan selai keju, kacang, dan lain sebagainya. Protein berkontribusi meningkatkan triptofan, sedangkan karbohidrat kompleks dapat membantu membuat triptofan tersebut tetap tersedia untuk membuat orang cepat tidur. Dengan minum air putih sudah cukup.


  • Membawa pekerjaan kantor ke tempat tidur

Membawa pekerjaan kantor Anda ke rumah mungkin sesuatu yang wajar. Namun apabila Anda membawanya ke tempat tidur, maka Anda tidak bisa untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Selain itu, pekerjaan yang Anda kerjakan pun belum tentu selesai akibat kondisi Anda yang lelah dan pikiran yang tidak dalam kondisi segar. Jika Anda memang sedang dikejar ‘deadline’ pekerjaan, selesaikanlah pekerjaan Anda tersebut di ruangan lain. Jika Anda sudah lelah dan merasa mengantuk, segeralah tidur dan lanjutkan pekerjaan keesokan harinya beberapa jam sebelum Anda mulai berangkat kerja.

  • Menonton televisi

Mungkin bagi sebagian orang dapat tidur apabila menghidupkan televisi dan mengatur alarm beberapa menit selanjutnya untuk mati otomatis. Namun perlu diingat, menonton televisi dapat menganggu kenyamanan Anda tidur. Berita-berita yang negatif seperti halnya kejahatan ataupun juga film horor yang dapat mengacaukan pikiran Anda, sehingga hal tersebut Anda pikirkan dan akhirnya Anda susah untuk tidur.


cara mengatasi Insomnia atau susah tidur yaitu:

* Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.
* Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
* Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
* Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
* Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
* Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
* Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
* Berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
* Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.
* Hentikan menonton TV atau membaca buku, setidaknya 1 jam sebelum tidur.
Demikian lah penyebab susah tidur dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share dan commentnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Anda Susah Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya"

Posting Komentar