Huruf Hijaiyyah

Huruf-huruf Hijaiyyah

Huruf hijaiyyah adalah kumpulan huruf-huruf arab yang berjumlah 29 huruf. Huruf-huruf inilah yang terpakai dalam al-Qur’an dan dikenal pada masa sekarang. Adapun huruf hijaiyyah yang berjumlah 29 yaitu:

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه لا ء ي

Masing-masing huruf hijaiyyah tersebut memiliki karateristik tertentu yang berbeda, baik ditinjau dari tempat keluarnya huruf maupun sifat-sifat yang melekat pada huruf tersebut. kajian lengkap mengenai karakteristik huruf-huruf hijaiyyah di atas dapat dilihat pada pembahasan tentang makhraj huruf dan sifat huruf.

Pengertian makhraj huruf مَخَارِجُ الْحُرُوف))

Makhraj secara bahasa artinya tempat keluar. Sedangkan menurut istilah, makhraj adalah suatu nama tempat yang pada huruf dibentuk (diucapkan). Dengan demikian makhraj huruf adalah tempat keluarnya huruf pada saat huruf itu dibunyikan.
Ketika membaca al-Qur’an, setiap huruf harus dibaca sesuai makhraj hurufnya. Kesa;lahan dalam pengucapan huruf atau makhraj huruf dapat menimbulkan perbedaan makna atau kesalahan arti pada bacaan yang sedang dibaca. Dalam kondisi tertentu, kesalahan ini bahkan dapat menyebabkan kekafiran manakala seseorang melakukannya dengan unsur kesengajaan atau dalam kondisi sadar.
Contoh kesalahan dalam pengucapan makhraj huruf adalah pada lafadz (العَالَمِيْنَ) pada ayat (الحَمْدُ لِلّه رَبِّ العَالَمِيْنَ) artinya: “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”. Jika lafadz (العَالَمِيْنَ) dibaca (الأَلَمِيْنَ) “huruf ‘ain berubah menjadi hamzah”, maka artinya pun akan berubah menjadi “segala puji bagi Allah rajanya segala penyakit”.

Cara mengetahui makhraj huruf


Untuk mengetahui makhraj suatu huruf, hendaklah huruf tersebut disukunkan atau ditasydidkan, kemudian ditambahkan satu huruf hidup di belakangnya, lalu bacalah! Tatkala suara tertahan, maka tampaklah makhraj huruf-huruf yang bersangkutan. Kaedah menerangkan: “hendaklah kamu menyukunkan huruf atau mentasydidkannya, lalu masukkan hamzah al-Washal (alif berharakat), kemudian ucapkan (dan dengarkan). Saat suara tertahan, maka di sanalah letak makhraj-nya. Contoh huruf ba’ menjadi ab atau abb, huruf sin menjadi as atau ass, huruf qaf menjadi aq atau .


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Huruf Hijaiyyah"

Posting Komentar