Perlunya mengetahui apa itu Al-Qur'an. Haruskah?



Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab suci di dunia ini yang hingga kini masih tetap terjaga dan terpelihara keasliannya. Sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW, al-Qur’an masih tetap dalam kondisi utuh dan tak satupun berubah. Isinya pun otentik dan selalu up to date serta relevan dengan keadaan zaman yang selalu berubah ndan maju sampai sekarang. Penemuan-penemuan dan teknologi sudah lebih dahulu dikupas dalam al-Qur’an. Meskipun banyak orang yang belum mengetahui.

Adapun keutamaan al-qur’an dengan kitab lainnya, misal Taurat, Zabur, Injil, adalah selalu dipeliharanya Al-Qur’an oleh Allah. Sejak zaman Nabi sampai sekarang Al-Qur’an dalam keadaan utuh tanpa ada kekurangan maupun tambahan satupun huruf dari al-Qur’an. Al-Qur’an memang satu-satunya kitab yang dijaga dan dipelihara oleh Allah, hal itu sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِناَّ لَه لَحَافِظُوْنَ
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Q.S al-Hijr:9)

Keutamaan lainnya adalah, membaca al-Qur’an merupakan ibadah, meskipun tanpa dibarengi dengan pemahaman arti yang terkandung dalam al-Qur’an, bahkan ia merupakan ibadah yang afdhol (lebih utama). Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:”Orang-orang yang membaca al’Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat didalam syurga bersama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang-orang yang membaca al-Qur’an, tapi dia tidak mahir membacanya, tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (be,um lancar), dia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim).

Keutamaan yang lain lagi adalah, al-Qur’an merupakan sumber semua ilmu. Setiap ada penemuan-penemuan baru dari sains modern ternyata al-Qur’an telah mendahului dalam menerangkannya. Di dalam sebuah syi’ir dikatakan: “segala macam ilmu itu termuat di dalam al-Qur’an, namun pemahaman orang terhadap al-Qur’an sangat terbatas.”


Artikel yang saya ketik ini hadir dihadapan pembaca, hanyalah sebuah upaya pengenalan dalam mempelajari al-Qur’an yang telah sebagian besar telah diterangkan oleh para ulama. Dengan begitu, saya berharap pembaca mendapatkan kenyamanan dan pencerahan fiddunya wal akhirah. Aamiiiiin....

Baca juga Kreasi Henna Craft

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perlunya mengetahui apa itu Al-Qur'an. Haruskah?"

Posting Komentar