Siskamling Online Ala Singocandi

Sisikamling online ala singocandi

Siskamling - Dulu ketika masih kecil biasanya ada giliran jaga di gardu ronda dan terdiri atas 4 atau lebih seseorang , biasanya ngumpul dan berbagi tugas keliling kampung untuk jaga keamanan. Tapi untuk jaman sekarang mungkin sudah sangat ketinggalan jaman karena di luar sana sudah ada siskamling online, apa itu?

Saat ini menghadirkan system pemantauan wilayah berbasis CCTV On Line, dapat diakses melalui smartphones(live streaming). Untuk CCTV yang sangat membantu untuk menghadirkan rasa nyaman akan keamanan dilingkungan kami.Meski membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu sistem siskamling yang ada saat ini di padukan dengan CCTV On Line yang telah dimiliki alhasil seluruh warga kami antusias dalam membina bersama pengurus Siskamling dan warga dalam kegiatan Siskamling On Line.

Tapi tunggu dulu karena dalam waktu yang tidak terbatas saya sebagai warga Singocandi juga belum tahu kapan siskamling ini bisa terwujud di desa tercinta ini, he...he.... siapa tahu ada pihak terkait yang mau merealisasikannya sehingga bisa jadi kenyataan syukur bisa jadi pilot project bagi kampung/desa yang lain.

Hanya saja permasalahannya selain biaya dan skill warganya , yang paling penting adalah dobel power, artinya sistem ini tidak hanya di suplay dari listrik negara saja karena terus terang saat musim penghujan listrik sering padam, paling tidak ada sumber energi cadangan sehingga saat listrik padam sistem masih jalan terus.

Selain itu, memanfaatkan penggunaan teknologi baik yang sudah ada ataupun aplikasi di android seperti WhatsApp (WA) grup facebook dan semacamnya . Dengan cara ini diharapkan masyarakat akan berinteraksi dan bisa saling bertukar Informasi karena keamanan sudah menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam pelaksanaannya komunikasi antar pos ronda satu dengan yang lainnya diharapkan bisa saling komunikasi dan koordinasi ketika melakukan kegiatan ronda, sehingga bila terjadi perkara tindak kriminal bisa terkoordinasi di bawah kendali polsek dan cepat lakukan penanganan.

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk kemaslahatan ummat akan membuat hidup lebih baik, dalam arti gunakan internet secara bijaksana dan juga proposional. jadi siapa bilang internet itu gak baik?

Apapaun sistem yang kita gunakan untuk menggalakkan siskaling baik itu terintegrasi dengan internet ataupun ofline sebaiknya bisa memberi manfaat yang maksimal bagi warganya karena sekali lagi keamanan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama.

Amira Hanan Garini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Siskamling Online Ala Singocandi"

Posting Komentar