Rencana Pemekaran RT 003 Rw 002 Menjadi 3

Pemekaran  - Meski belum terlalu jelas informasi ini tetapi yang pasti info berasal dari ketua RT 003 /Rw002 Singocandi Bapak Andi, Karena banyaknya KK di Rt sekarang ini yang lebih dikenal dengan Singocandi "geneng" maka dalam rapat yang akan datang akan dibahas rencana pemekaran menjadi 3 rt lagi maklum karena saat ini wilayah tersebut di huni kurang lebih 160KK  dan itu terlalu banyak.

Alasan kenapa sebuah wilayah di mekarkan bisa jadi sebagai berikut;

*    Meningkatkan hubungan yang baik antara pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah; apabila terdapat pemekaran daerah, itu artinya terdapat komunikasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang membangun relasi baik antara keduanya.
*    Mempercepat pertumbuhan kehidupan masyarakat; dengan pemecahan bagian maka setiap pemerintah di daerah tertentu akan bisa lebih fokus dengan bagian masing-masing.
*    Mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah baik secara politik maupun ekonomi; ketika pemerintah daerah memiliki fokus untuk membangun wilayah tertentu, maka niscaya pemerintah akan melakukan semuanya dengan waktu yang cukup efisien karena tidak perlu lagi pemerintah pusat mengurus banyak daerah sekaligus dengan banyak perbedaan budaya dan sebagainya.
*    Meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat; dengan mendapatkan wilayah yang lebih sempit, maka pemerintah bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap bagian wilayahnya dan tidak perlu memikirkan bagian lainnya terlalu detail.
*    Meningkatkan keamanan kepada daerah di masyarakat; dengan sistem kerja yang sama dari pemerataan kekuasaan, maka setiap masyarakat dapat mempertanggungjawabkan jaminan dari setiap pemerintah daerah untuk menjaga keamanan di wilayah masyarakat.
 *   Mengelola potensi daerah dengan sebaik mungkin; dengan tanggung jawab yang dimiliki pemerintah daerah, maka dalam waktu yang sama pemerintah daerah akan memanfaatkan potensi daerahnya sebesar-besarnya.


Secara umum alasan pemekaran sebuah wilayah bermacam macam sebagai contoh adalah alasan administrasi dimana dengan wilayah yang terlalu luas  biasanya butuh kerja kestra untuk membuat sebuah catatan administrasi, sebagai contoh di rt ini karena banyaknya pendatang baru yang tinggal di tanah kavling membuat penduduknya terkonsentrasi di satu titik saja, alasan lain adalah untuk alasan keadilan ekonomi sehingga menghilabgkan kesenjangan sosial dalam masyarakat.


Dan alasan lain adalah ketika ada kegiatan baik soaial keagamaan dan kemasyarakat bisa terkoordinir secara penuh sehingga tidak ada warga yang merasa dikucilkan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rencana Pemekaran RT 003 Rw 002 Menjadi 3"

Posting Komentar