Mari Tidur Siang

Kesehatan - Tidak bisa dipungkiri lagi jika untuk mengembalikan energi pada tubuh, tidur bisa dijadikan salah satu senjata yang paling ampuh. Umumnya tidur sering dilakukan pada malam hari, namun tidak sedikit dari banyak orang yang juga sering tidur di siang hari.
Ketika kita masih kecil pasti orang tua kita sering menyarankan untuk tidur siang di jam-jam tertentu mulai dari jam 11 siang hingga jam 2 menjelang sore. Ketika dewasa pun, pastinya kita sering melakukan tidur siang ini, namun dengan kesibukan yang mendera ritual ini pun semakin berkurang dan hanya di lakukan di saat santai atau weekend saja.

Tidur siang yang kita sering lakukan ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak anda. Dalam Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam waktu 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda, jadi sangat baik selain untuk otak anda juga buat anggota tubuh anda. Dan juga, Tidur Siang dapat memberikan waktu istirahat agar cukup sehingga membuat tubuh lebih segar. Tidur siang juga membantu dalam peremajaan anggota tubuh anda akan terbangun dengan perasaan yang segar dan lebih aktif. Hal ini membuat anda lebih berenergi dan antusias dalam menyelesaikan tugas..

Dalam sebuah penelitian telah membuktikan tidur siang memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan jantung Anda. Tidur siang memberikan waktu beristirahat dan menghilangkan stres. Dalam jangka panjang, hal ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung anda, dan juga anggota tubuh anda. mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat. Ternyata, manfaat tidur siang juga membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap. tidur siang juga memberi kekuatan memori dan meningkatkan konsentrasi. Kekuatan tidur siang membuat anda menjadi segar, meningkatkan kosentrasi dalam berfikir dan fokus pada hal-hal yang lebih baik. Hal ini menyebabkan lebih baik, retensi observasi dan memori Manfaat tidur siang juga keuntungan emosional fisik maupun kekuatan tidur siang. Kesegaran yang didapat setelah tidur siang membantu meningkatkan mood, anda menjadi lebih optimis dengan tingkat energi dan mood yang tinggi.

Kebiasaan orang-orang didunia setelah bekerja biasanya capek dan itu memancing emosi untuk marah dan biasanya sering terjadi pada anak. Dan apabila anda tidur siang, marah-marah anda menjadi berkurang serta menghilangkan rasa lelah. Hal ini jelas meningkatkan kualitas percakapan lebih baik sehingga hubungan dengan teman dan keluarga juga mempunyai kualiaskekuatan tidur siang juga membantu dalam meningkatkan tingkat kinerja Anda. Setelah bangun dari tidur siang tubuh menjadi segar sehingga dalam mengerjakan sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga hal ini dapat dikatakan, tidur siang meningkatkan kinerja baik kinerja otak maupun kinerja seluruh anggota tubuh.

Dalam Kamus Lisanul Arab dijelaskan makna qailulah secara bahasa,
القيلولة نومة نصف النهار
“Qailulah adalah tidur pada pertengahan siang"
Karena diterjemahkan qailulah dengan “tidur siang” maka banyak yang menyangka qailulah mesti harus tidur. Yang benar, qailulah tidak mesti harus tidur, istirahat pada siang hari sudah termasuk qailulah.

Ash-Shan’ani rahimahullah berkata,
والقيلولة: الاستراحة نصف النهار، وإن لم يكن معها نوم
“Qailulah adalah istirahat pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.”
Kebiasaan yang kita jalani saat ini kalau tidak didasari dengan ilmu, maka kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali tidur siang yang hanya sejenak. Tapi kalau mengetahui apa hakikat dari tidur siang itu, maka kita tidak hanya mendapatkan manfaat dari tidur siang, tapi kita juga akan mendapatkan pahala. Karena itu agar kesehatan kita tetap terjaga, vitalitas bekerja di perusahaan juga tinggi dan malamnya bisa mengerjakan shalat tahajjud, maka tidur siang sejenak sangat dianjurkan dan bermanfaat demi untuk menjaga stamina tubuh

Oleh karena itu setelah kita mengetahui dasar dan manfaat tidur siang bagi tubuh kita, sebaiknya kita mengatur ulang niat kita dalam menjalankan sesuatu sekalipun itu hal yang sepele.
Semoga bermanfaat….


Lisanul Arab 11/557,  Dar Shadir, Beirut, cet.III, 1414 H, syamilah
Subulus Salam 1/398, darul Hadits, syamilah

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mari Tidur Siang"

Posting Komentar