Memahami Arti Berorganisasi Dalam Masyarakat





Peace Is Beautiful - Assalamualaikum saudara seperjuangan mungkin kita sering mendengar sebuah kata organisasi yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari hari atau mungkin saat ini anda sedang ikut dalam organisasi kemasyarakatan yang ingin mencapai sebuah tujuan bersama, karena memang kata oragnisasi itu sendiri berarti sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Jadi organisasi itu menyatukan tujuan hati ,pikiran bersama dengan mengambil manfaat bersama pula. bisa diibaratkan ketika kita membuat organisasi kemasyarakatan akan terlihat seperti sebuah remah remah roti yang cukup besar dan di kelilingi semut untuk di bawa ke tempat tujuannya. Jika diamati maka jalannya itu akan sering kenana ,kekiri ,maju dan mundur tapi pada akhirnya akan sampai tujuannya yaitu ke sarangnya untuk dijadikan sebagai cadangan makanan bagi seluruh anggota koloninya. Begitu juga sebuah organiasi.

Pengalaman pribadi saya berorganisasi itu tidak mudah apalagi jika anggotanya terdiri atas berbagai orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Disatu sisi ketika ada penunjukan alat organisasi seperti ketua,sekretaris,bendahara dan seksi seksi akan selalu timpang tindih kerjanya saat awal masa berorganisasi, disitu kita diuji untuk tidak mementingkan diri sendiri karena memang akan selalu dibatasi oleh kepentingan orang lain.

Berorganisasi juga bisa diibaratkan sebuah sapu lidi dimana ada saja sapu lidi yang pendek,sedang dan panjangmereka akan selalu ada dalam ikatan sapu lidi yang kuat jika saling mendukun satu sama lain dan sebaliknya akan rapuh jika di urai satu persatu. hal yang sering terjadi karena tidak adanya pemahaman dan toleransi  dalam mengerjakan tugasnya masing masing. Dan jika itu semua yang terjadi maka tujuan utama berorganisasi menjadi sirna.

Ada baiknya dalam suatu organisasi yang memungkinkan menimbulkan konflik semua pihak untuk saling menahan diri, karena berorganisasi sekali lagi bukn hal yang mudah tetapi bukan mustahil untuk tetap mencapai tujuan. Untuk sementara itu yang bisa saya sampaikan sebagai pengalaman pribadi berorganisasi selama 3 tahun yang sangat berharga, Salam damai semoga semuanya bisa mengerti.
wassalalamualaikaum
Kang Jum

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memahami Arti Berorganisasi Dalam Masyarakat"

Posting Komentar